Selamat Datang di Blognya Tami, Welcome to Tami's Blog. Enjoy on my blog :-)

Manfaat daun dan buah sirsak

Posted by MieTang Kamis, 16 Desember 2010 1 komentar
Mari kita mengenal buah sirsak, selamat membaca :)

A. Sejarah Sirsak

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, paling banyak ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dia atas permukaan laut.

B. Manfaat

  • Daun sirsak membunuh sel kanker

Awal thn 90-an ditemukan semacam ‘jamu herbal’ dari suku-suku (tribes) di Amazon yg dpt menyembuhkan beberapa penyakit penting termasuk kanker. Setelah diteliti oleh para ahli farmasi dari AS, ternyata ramuan tersabut berasal dari daun pohon Graviola. Daun tersebut mengandung zat anti-kanker yg disebut Annonaceous Acetogenin, yg dapat membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat dalam tubuh manusia.

Dosis yang pernah dicoba adalah:

  1. Rebus 10 helai daun sirsak yang telah hijau tua, direbus dengan 3 gelas air (600) dan dibiarkan hingga tersisa satu gelas air (200 cc).
  2. Setelah dingin kemudian disaring dan diminum setiap pagi (ada beberapa pasien yang minum pagi-sore). Efeknya perut akan terasa hangat/panas, lalu badan berkeringat deras, mirip dengan efek kemoterapi.

Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih kuat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh normal.

Kandungan dari daun : Senyawa aktif untuk pemompaan P-glycoprotein untuk menghasilkan senyawa anti kanker alias kemoterapi.

Perlu diingat bahwa obat herbal ini tidak ‘ces-pleng’, artinya setelah minum rutin selama 3-4 minggu efeknya baru kelihatan. Kondisi pasien membaik, bisa beraktifitas kembali, dan setelah diperiksa lab/ dokter ternyata sel-sel kankernya mengering, sementara sel-sel lain yg tumbuh (rambut, kuku, dll) sama sekali tidak terganggu

  • Daun sirsak untuk atasi trips

Daun Sirsak (Nangka Belanda) ternyata dapat digunakan sebagai bahan pestisida organik untuk mengendalikan Hama Thrips pada tanaman Cabai.

Caranya:

50 - 100 lembar daun sirsak dihaluskan (boleh pake blender) dan dicampur dengan 5 liter air kemudian didiamkan selama sehari semalam.

Rendaman tersebut kemudian disaring dengan kain.1 liter hasil saringan dapat dicampurkan dengan 1 tangki semprot ukuran 17 liter, dan gunakan untuk menyemprot tanaman cabe, Thrips pun akan lenyap.

  • Untuk obat Ambeien.

Cara pengobatan:

Ambil buah sirsak yang sudah masak, kemudian buah tadi diperas untuk di ambil sarinya sebanyak 1 gelas, air perasan tadi diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

  • Untuk pengobatan Kandung Kemih

Cara pengobatan :

Ambil buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya, Kemudian semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa dan dilakukan secara rutin
setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

  • Untuk mengatasi Bayi Mencret.

Cara pengobatan :

Ambil buah sirsak yang sudah masak, kemudian buah sirsak tadi diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

  • Untuk obat Anyang-anyangen.

Cara pengobatan :

Ambil buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya, kemudian buah sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring kemudian hasil dari saringa diminum.

  • Untuk obat Sakit Pinggang.

Cara pengobatan :

Ambil 20 lembar daun sirsak, kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

  • Sebagai obat Bisul.

Cara pengobatan :

Ambil daun sirsak yang masih muda secukupnya, kemudian ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.

  • Untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

Bagi anda perokok kelas berat dan sudah berbagai macam cara menghilangkannya tapi belum berhasil juga maka cobalah, ambil buah sirsak yang telah masak/matang

sepanjang 5cm. Makanlah tiap pagi secara berkesinambungan sampai kebiasaan merokok anda hilang.

  • Untuk penyakit ashma atau sesak nafas.

Cara pengobatan :

Ambillah 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setangah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

  • Untuk obat batuk biasa.

Cara pengobatan:

Ambil 7 lembar daun sirsak muda. Kemudian remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum anda menyantap apapun/apa-apa.

  • Untuk menurunkan panas.

Cara pengobatan :

Untuk mengobati panas badan baik pada anak-anak ataupun orang dewasa, buah sirsak yang telah masak/matang dimakan, bisa juga dengan, ambil daun sirsak muda, remas lalu tampung airnya. Bila terlalu pekat, campurkan dengan air secukupnya dan gunakanlah untuk kompres.

"semoga bermanfaat"

1 komentar:

Van's Zaee mengatakan...

makasih tas infonya,,
di coba
hueheeee, ,

Posting Komentar